10 Film Animasi Pixar Terbaik








Hello Geek People, welcome to Glist!

Setelah hiatus selama 1 tahun tidak mengeluarkan judul terbaru, tahun 2015 lalu Pixar berhasil memberi kejutan dengan Inside Out yang emosional (salah satu film terbaik 2015), dan The Good Dinosaur yang.... yah bisa dibilang bagus lah. Namun tetap, setiap film hasil produksi Disney-Pixar adalah sebuah keajaiban tersendiri. Dan diurutkan dari least favorite, hingga favorite, berikutlah list “10 Film Pixar Terbaik” versi Geek Please.


10. Toy Story 2 (1999)

Sedikit fakta, sebenarnya film ini direncanakan rilis sebagai direct-to-video film, dan tentu kita bersyukur karena “Toy Story 2” rilis dalam versi layar lebar.

Film ini masih dibintangi oleh mainan kesayangan kita, dan dengan konflik baru yaitu, kolektor mainan. Woody, Buzz, dan kawan-kawan pun terjebak dalam petualangan yang lebih besat, dan dengan cerita lebih kocak. Momen sedih ala pixar juga tidak terlupa dalam film ini.

Toy Story 2” jelas membuktikan bahwa sekuel tidak selalu berakhir menjadi film buruk.



9. Monsters Inc. (2001)

Monster Inc.” mengambil konsep ketakutan anak-anak akan monster dalam lemari, dan film ini sangat unik karena mengubah ketakutan itu menjadi sebuah kesenangan.

Film ini bercerita tentang Monster Inc, sebuah perusahaan dimana para monster mengumpulkan jeritan anak-anak untuk dijadikan listrik. Para monster yang sebenarnya takut dengan anak-anak pun kacau balau akibat datangnya seorang anak lucu bernama Boo. Dan karena keberadaan Boo pula, persahabatan Mike & Sulley ikut terancam.

Dengan dunia Monstropolis yang unik, dan persahabatan lucu antara Sulley & Mike, film ini berhasil meraih sukses besar dengan menjadi box-office dan berbagai piala penghargaan.


8. The Incredibles (2004)

Pixar+Komedi+Superhero, dan hasilnya adalah film superhero luar biasa yang berbeda dari film lainnya.

The Incredibles” bercerita tentang sebuah keluarga superhero yang harus beradaptasi hidup normal semenjak dilarangnya keberadaan superhero. Dan ketika datang kesempatan untuk beraksi kembali, bahaya justru mengancam keluarga Incredibles.

Dengan aksi luar biasa dan guyonan yang agak seksual, film ini menjadi film Pixar paling dewasa sampai saat ini. Namun hal ini tidak mengurangi kesempatan Pixar untuk menjadi box-office, dan mendapat piala Oscar.



7. Toy Story (1995)

Toy Story” benar-benar mendapat kehormatan Pixar sebagai yang pertama yang memulai semua keajaiban. Menggunakan teknik CGI film yang tak pernah dilihat, film ini berhasil membuat era baru dalam dunia perfilman.

Film ini bercerita tentang kehidupan para mainan Andy yang berubah drastis semenjak kedatangan mainan astronot baru bernama Buzz Lightyear. Woody, si koboi kesayangan Andy pun merasa iri akibat kehadiran Buzz. Hingga akhirnya, pelajaran berharga pun diperoleh Woody dan seluruh mainan Andy.

Seluruh dunia pun juga mendapat pelajaran berharga untuk tidak meremehkan karya Disney-Pixar. Box-office nya pun membuat para filmmaker lain untuk pergi menuju yang terbatas, dan melampauinya.

6. Ratatouille (2007)

Follow your dream!” itu adalah pesan yang jelas tersirat dari film “Ratatouille”. Bercerita tentang Remy, si tikus (yang entah kenapa berwarna biru) yang mempunyai mimpi besar menjadi seorang chef bintang lima, hingga akhirnya mimpinya terkabul setelah bertemu dengan seorang manusia kikuk bernama Linguini (dan hantu Gusteau).

Film ini begitu menakjubkan hingga kalian percaya bahwa persahabatan antara tikus dengan manusia sangatlah mungkin. Plus, film ini benar-benar membuat lapar untuk ukuran film dengan tikus banyak. Film ini juga berhasil memenangkan Oscar.



5. Inside Out (2015)

Pixar memberikan konsep uniknya lagi. Dalam film “Inside Out”, Pixar mengajak kita untuk mengetahui apa yang terjadi dalam pikiran kita.

Dan dalam film ini, kita akan mengikuti kisah seorang gadis berumur 11 tahun bernama Riley. Riley yang harus pindah ke San Fransisco mendapati kehidupannya berubah drastis, para emosi (Joy, Sadness, Fear, Anger, Disgust) dalam pikiran Riley pun harus berusaha membuat Riley tetap menjadi dirinya sendiri. Hilangnya Joy, dan Sadness pun semakin membuat keadaan kacau balau, namun segala perjalanan selalu memiliki arti.

Film ini begitu emosional, dan penuh dengan fakta emosional yang mungkin hanya orang dewasa lah yang akan paham.



4. Finding Nemo (2003)

Finding Nemo” berhasil memenangkan Oscar dan menjadi salah satu film box-office 2013 karena sesuatu. Dan sesuatu itu adalah penceritaan film ini yang mengagumkan.

Film ini bercerita tentang seekor ikan badut bernama Marlin, yang harus berjuang melewati hiu, dalamnya laut, ubur-ubur, dan dokter gigi untuk menemukan anak satu-satunya yang hilang. Perjalanan yang konyol dan menegangkan pun berhasil menguak keajaiban yang ada di bawah laut.

Oh, dan juga ada Dory, si ikan biru pelupa yang merupakan bagian terbaik dalam film ini. Best Pixar comedy ever!



3. Wall-E (2008)

“Wall-E” berhasil mencampur antara sci-fi, romantic comedy, dan pandangan bagaimana jika di masa depan bumi dipenuhi dengan sampah, dan manusia terlalu gendut untuk berjalan.

Film ini juga unik karena lebih berfokus dengan bagaimana cara pandang Wall-E yang lugu dengan dunia yang kini sudah hancur. Kisah semakin lucu saat Wall-E jatuh cinta dengan robot bernama EVE. Perjalanan mengarungi angkasa pun dilakukan Wall-E untuk mencari cintanya.

Dengan sedikit kata-kata, dan banyak beep-boop, film ini justru mengandung pesan yang lebih besar dari yang kita duga. Oscar pun berhasil dimenangkan oleh film ini.



2. Toy Story 3 (2010)

Jika kalian kira keajaiban “Toy Story” hanya akan berhenti hingga nomor 2, tentu kalian salah besar. “Toy Story 3” justru membuktikan bahwa “Toy Story” merupakan seri yang patut diacungi jempol.

Toy Story 3” kembali mempertemukan kita dengan mainan kesayangan kita setelah 11 tahun berpisah. Dan, memang perpisahan lah tema yang diangkat kali ini. Diceritakan kini Andy akan berangkat kuliah, dan para mainan belum siap untuk mengucapkan selamat tinggal dengan pemiliknya. Para mainan pun berusaha untuk mendapatkan one last playtime. Namun sayangnya, mereka harus terjebak dalam skenario a la “Shawsank” dalam tempat bernama Sunnyside.

Film ini bahkan berhasil mencampur antara komedi, drama, aksi, dan tema yang gelap. “Toy Story 3” bahkan menjadi film animasi paling laris (setelah “Frozen”), dan nominasi Oscar untuk Best Picture juga diperoleh untuk film ini. Wow.



1. Up (2009)

Menyenangkan, mengharukan, inspiratif, dan konyol adalah kata yang tepat untuk mendeskripsikan “Up”. Siapa sangka hal sesederhana cinta, impian, dan ribuan balon, dapat Pixar ubah menjadi hal menakjubkan dan imajinatif.

Up” bercerita tentang seorang kakek bernama Carl Fredericksen, yang pergi menuju ke Paradise Falls untuk mengabulkan impiannya dengan mendiang istrinya yaitu terbang ke Paradise Falls. Carl akhirnya menerbangkan rumahnya dengan ribuan balon agar bisa sampai tempat tujuan, dan hasilnya, ia justru mendapat sebuah petualangan yang tak terduga, yang melibatkan anjing berbicara, anak pramuka gendut, dan burung warna-warni.

Dengan karakter-karakter kocak seperti Russell, Kevin, dan Dug, Mr. Fredericksen tentunya tak akan menyesal melawati rintangan jauh ke Paradise Falls. “Up” jelas adalah yang terbaik dari semuanya, dan nominasi Oscar untuk Best Picture adalah buktinya.





Dan itulah list “10 Film Pixar Terbaik” versi Geek Please! Film manakah yang jadi favorit kalian? Share dengan comment di bawah ini!




Comments