10 Game PS1 Terbaik



Hello lagi Geek People! Welcome to Glist (a.k.a. Geek List)
Saya benar-benar minta maaf karena udah lama gak ngepost, soalnya laptop dalam masa servis yg tak kunjung selesai, dan berbagai hal tidak menyenangkan lainnya.
Jadi buat ngehibur Geek People, saya akan mengajak Geek People untuk sedikit bernostalgia dengan list 10 Game PS1 Terbaik ini. Karena biarpun kini konsol game sudah banyak dengan grafik yg ter-update, tetap saja mereka tidak bisa mengalahkan sesuatu yg tidak bisa diberikan game tersebut, yaitu kenangan itu sendiri. Cekidot!

10. Parappa The Rapper (1997)

Inilah keunggulan dari game PS1. Game PS1 selalu menawarkan sebuah gameplay yg simple, namun tetap memberikan kesenangan tersendiri. Kesenangan itu bahkan mampu menutupi grafis yg bisa dibilang seadanya. Dan salah satu contohnya adalah game ini.
Parappa The Rapper bercerita tentang Parappa si anjing, dan teman-temannya, PJ Berri, Sunny Funny, dan Katy Kat. Game ini menampilkan kehidupan si Parappa dalam sebuah petualangan rap yg unik.
Game ini juga simple sekali, kita hanya perlu menekan-nekan tombol yg ada, dan mendapat skor tinggi. Ga selalu mudah sih levelnya, karena semakin naik levelnya, semakin susah juga gamenya. Dan dijamin, ga bakalan bosen deh main game ini. Itu karena adanya lagu-lagu rap yg interaktif, enak di dengar, bahkan mudah dihafal di setiap levelnya.

9. Tony Hawk Pro Skater 2 (2000)

Bukan hanya best PS1 skateboard game, tapi Tony Hawk Pro Skater 2 adalah best PS1 sport game. THPS 2 memberikan PS1 gamer sebuah pengalaman skateboarding yg benar-benar seru, keren, dan gokil.
THPS 2 memberikan skateboard challenge yg banyak dan tidak jarang susah ditaklukkan. Setiap sudut level sangat asik untuk ditelusuri, dan jangan pernah lupa untuk mencari secret area, dan easter eggs yg ada. Grafiknya juga bisa dibilang baik pada jamannya. Dan soundtrack game ini asik buat didengar sambil ngangguk-ngangguk.

8. Bishi Bashi Special (1998)
Bishi Bashi benar-benar menampilkan apa yg sudah dilupakan game jaman sekarang, yaitu hiburan konyol penyegar otak. Jadi, bukan hanya menampilkan grafis super canggih seperti game jaman sekarang.
Bishi Bashi adalah game paling konyol yg pernah ada. Game ini ditampilkan dengan grafik yg sederhana (bahkan bisa dibilang aneh), dan berisi kumpulan minigame. Tapi jangan anggap remeh, karena setiap minigame di Bishi Bashi benar-benar mengocok perut. Gimana enggak? Secara isi gamenya itu bener-bener gak masuk akal, meaningless tapi benar-benar fun. Apalagi kalau game ini dimain'in multiplayer, langsung deh jadi aksi duel maut.
Oh ya, dan sebagai peringatan, siap-siap aja stick PS kalian rusak buat main game ini.

7. Twisted Metal 2 (1996)

Twisted Metal 2, merupakan sebuah upgrade yg sempurna untuk game sebelumnya.
Di sini kita akan merasakan sensasi menjadi seorang pengendara setan brutal yg siap untuk menembak, mengbom,dan membazooka setiap musuh yg ada, atau bisa dibilang Gladiator Style. Kita juga bisa memilih setiap karakter underworld yg ada, Mr. Grimm dengan sepeda motor kecilnya, Warthog dengan tanknya, Mr. Slamm dengan ban gedenya, Sweet Tooth dengan truk es krimnya, and many more.
Dan, kita juga bisa ngobrak-ngabrik kota-kota di seluruh dunia, mulai dari London, New York, Moscow, dll. Keseruan main game ini memang tiada tara, apa lagi kalau dimainin multiplayer.

6. Resident Evil (1996)

Game RE pertama ini bercerita tentang Chris Redfield (atau Jill Valentine) yg bertugas untuk mencari tim S.T.A.R.S. yg hilang, untuk menyelidiki sebuah mansion misterius. Mansion itu diduga melakukan penelitian obat-obatan terlarang. Sayangnya yg ada di dalam sana bukan obat terlarang, melainkan virus yg dapat mengubah manusia menjadi mayat hidup.
Game ini telah banyak menginspirasi game horror action lainnya. Dan dari semua seri Resident Evil, tentunya yg paling bikin merinding adalah game yg pertama. Unsur survival horror seperti kurangnya peluru, kurangnya obat, dan terbatasnya inventory di RE1, lebih diandalkan daripada unsur action seperti game RE lainnya. Zombie yg ada di game ini juga lebih sulit ditaklukkan, dan lebih scary. Ditambah sound effect yg bikin merinding, game ini merupakan horror sempurna.
Teka-teki yg ditawarkan RE1 juga sangatlah sulit, sehingga membuat gamer lebih panik dalam memainkan game ini. Sayangnya, saya benci banget dengan pengambilan sudut kamera game ini, yg kadang mengganggu saat kita hendak melawan zombie.

5. Silent Hill (2000)

Game PS1 apakah yg menjadi mimpi buruk para gamer?
Beberapa orang mungkin akan memilih Resident Evil, dan tidak sedikit juga yg akan memilih Clock Tower. Tapi saya yakin, kebanyakan orang tidak akan segan memilih Silent Hill sebagai rajanya.
Silent Hill milik Konami memang lahir sebagai rival penyaing Resident Evil milik Capcom. Keduanya mengusung genre yg sama, namun memiliki keunikan yg tentu saja beda. Berkeliling di kota berkabut (plus hujan abu) yg dipenuhi monster tentu saja akan memberi horror yg lebih. Silent Hill akan memberikan gamer pengalaman klaustropobia akan semua sudut kotanya.
Game Silent Hill mengambil cerita seorang ayah, Harry Mason, dan anaknya, Cheryl, yg akan berlibur di kota Silent Hill yg menyenangkan. Sialnya, bukannya mendapat keramahan kota Silent Hill, Harry justru harus bekeliling Silent Hill untuk menemukan anaknya yg hilang setelah kecelakaan mobil yg mereka alami.

4. Castlevania : Symphony of The Night (1997)

Sejak peluncuran game pertamanya tahun 1987, Castlevania series menjadi sebuah franchises game yg terkenal. Dan game PS1 nya, termasuk yg terbaik.
Castlevania : Symphony of The Night, bercerita tentang Adrien Fahrenheit (aka Alucard), yg adalah keturunan Dracula. Misi Adrien adalah untuk menelusuri Kastil Drakula, dan mencari tahu kenapa Richter Belmont, pahlawan dari game pertama, hilang secara misterius.
Game ini tentu saja akan berbeda dengan game sebelumnya. Jika sebelumnya kita hanya bisa menggunakan senjata pecut, kini kita bisa menggunakan berbagai senjata untuk melawan semua monster yg ada. Serta kita bisa membeli dan menjual senjata yg ada.
Bisa dibilang, game ini merupakan game PS1 dengan tampilan 2 dimensi terbaik yg pernah ada.

3. Final Fantasy VII (1997)
Best Final Fantasy Ever!
Final Fantasy VII merupakan game RPG dengan cerita paling keren dan paling mengharukan yg pernah ada. FF7 juga mengambil tema yg berbeda dengan game pada tahun tersebut yaitu lingkungan, global warming tepatnya. Ya, walaupun ceritanya masih standard Final Fantasy klise, yaitu mencegah kehancuran dunia dengan mengalahkan final boss yg super kuat.
Tapi tetap saja, plot FF7 merupakan yg terkeren yg pernah ada. Mengikuti petualangan Cloud dan grup Avalanche melawan Sephiroth merupakan pengalaman paling seru dalam game RPG.
Karakter pendukung seperti Tifa, Aerith, Cid juga memiliki latar belakang cerita sendiri, yg bikin game ini lebih mantep ceritanya. Dan siapa yg bisa melupakan kematian Aerith yg benar-benar mengharukan?

2. Metal Gears Solid (1998)

Awesome Game! Metal Gear Solid adalah game Espionage Action Game terbaik pada jaman kejayaan PS1. Paling berbeda kalau menurut saya sih, karena game ini lebih mengutamakan unsur stealth, dan cerita yg keren dan asik untuk diikutin.
Game pertama seri Metal Gears Solid ini bercerita tentang petualangan Solid Snake di Shadow Moses Island yg keras. Di sana, dia memiliki misi untuk menyelidiki dan menghancurkan Metal Gear Rex, sebuah senjata yg dapat meluncurkan nuklir dari bagian manapun dunia. Di sana Snake harus bertarung dengan anggota Foxhound, yg merupakan tentara-tentara dengan kemampuan luar biasa. Plot yg diceritakan lalu tumbuh menjadi lebih luas dan lebih rumit dari yg Snake kira.

Honorable Mentions
Berikut ini adalah beberapa game PS1 yg tidak berhasil masuk list Glist, but still awesome.

1. Harvest Moon - Back to Nature (1999)
Aaawwwww..... Game ini selalu bikin saya nostalgia ke masa kecil yg indah. Game ini bener-bener seru di atas seru, dan saya ga pernah bosen mainin sampai sekarang. Ya, karena gamenya emang gak bisa tamat sih.
Game ini akan memberikan kita petualangan ala remaja desa. Kita ditugaskan untuk merawat kebun kakek kita, dan mengembangkannya, atau dalam waktu 3 tahun kita akan diusir. Dan tentu saja 3 tahun adalah waktu yg sangat lama di game ini.
Tapi jangan khawatir kebosanan, karena sekali main, maka kalian bakalan ketagihan main game ini (kalau kasus saya sih sampai dibela'in begadang). Kita bisa melombakan ternak kita, mencari cinta, dan menelusuri cerita setiap penduduk Mineral Town. What a Wonderful Life!


Jadi, cukup itulah list 10 Game PS1 Terbaik versi Geek Please! Geek People pasti punya game kesayangan sendiri pas jaman PS1 kan? Mohon share ya? Dengan comment di bawah ini!

Comments