10 Film Adaptasi Novel Terbaik

Halo Geek People! Welcome to Glist! (a.k.a Geek List)
Sekarang waktunya saya untuk mengulas 10 Film Adaptasi Based on Novel, dan tentunya versi Geek Please sendiri. Novel memang media baca yg menghibur, namun ketika isi novel tersebut berpindah ke layar bioskop, tentunya timbul sensasi yg berbeda. Bahkan tak jarang, film-film adaptasi tersebut mendapat banyak penghargaan dikarenakan pemindahan imajinasi sang penulis dapat ter-translate dengan baik pada filmnya. 
So, langsung cekidot aja, list 10 Film Adaptasi Novel Terbaik versi Geek Please!!

10. The Shining (1980)

Semua orang pasti tahu dengan film horror karya Stanley Kubrick ini. The Shining juga adaptasi dari novel berjudul sama, karya penulis horror terkenal, Stephen King. Film ini sangat fenomenal dalam menyebar terror pada eranya, bahkan menurut banyak orang film ini adalah Best Horror Movie Ever Made. Semua horror success itu dapat terjadi tidak lain karena keberhasilan Jack Nicholson dlm memerankan Jack si Bapak Psikopat.
Film ini bercerita tentang Jack Torrance yg bertugas menjaga Overlook Hotel selama musim dingin, bersama istrinya Wendy, dan anaknya Danny, yg memiliki kemampuan dapat melihat hantu. Hari demi hari, pikiran Jack menjadi stress karena terisolasi badai salju, hingga berubah menjadi seorang psikopat.

9. Silence of The Lambs (1991)

A Madness Movie! atau lebih tepatnya A Madness Masterpiece! Itulah kata yg pantas untuk mengapresiasi film thriller ini. Film ini diadaptasi dari novel karya Thomas Harris berjudul sama, dgn ketegangan yg tak kalah dgn filmnya. Dan alhasil, sang sutradara, Jonathan Demme dapat memindah ketegangan dalam buku ke layar film dengan apik. Bahkan film ini memenangi Best Picture, Best Actor, Best Actress, best Director, Best Adapted Screenplay pada  Oscar tahun 1992.
Silence of The Lambs bercerita tentang Clarice Starling, seorang FBI Trainee yg harus memecahkan misteri dibalik pembunuhan berantai oleh Buffalo Bill. Dan dalam memecahkan kasus tersebut, Clarice terpaksa harus berkonsultasi ke Hannibal Lector, seorang psikopat yg bahkan lebih berbahaya dari Bufallo Bill.

8. To Kill A Mockingbird (1962)

Novel laris karya Harper Lee Pulitzer ini telah di-translate menjadi film sejak bertahun-tahun lalu, tepatnya 1962. Namun film yg disutradarai Robert Mulligan ini memang masih bisa dibilang tidak termakan jaman. Film ini juga banyak memenangkan penghargaan, termasuk Academy Awards. Bahkan banyak orang bilang bahwa film drama ini adalah film terbaik sepanjang masa (tapi saya ga, karena terlalu klasik)
Ceritanya berlatar pada tahun 1930, dan berfokus kepada Atticus Finch, seorang pengacara yg super terhormat. Konflik dimulai saat Finch menerima kasus Tom Robinson, seorang kulit hitam yg tersangkut kasus pemerkosaan. Konflik juga semakin bertambah sejak anak dari Atticus, Scout dan Jem ikut campur dengan urusan tersebut.

7. The Hunger Games Series (2012-TBA)

Dalam film ini, dikisahkan negara Amerika hancur karena perang pemberontakan, lalu berganti menjadi negara Panem, dengan ibukotanya yg korupt, Capitol. Untuk mengenang pemberontakan tersebut, Capitol menyelenggarakan acara The Hunger Games. Acara televisi dimana 24 remaja dari setiap distrik dipilih untuk adu survival, dan menyisakan satu pemenang. Dan buku ini bercerita tentang seorang gadis, Katniss Everdeen, yg terpilih dalam game tersebut, dan tanpa sengaja memercik api pemberontakan kembali.
Sulit bagi saya untuk tidak jatuh cinta dengan film ini, karena film ini memiliki semua yg anak muda inginkan. Action ada, Sci-fi ada, Horror ada, Drama ada, dan apa yg harus novel remaja punya, cinta segitiga. Dan saya juga tidak bisa meremehkan semua plot twist yg diberikan Suzanne Collins dalam novelnya.

6. Forrest Gump (1994)

Diadaptasi dari novel karya Winston Groom, Forrest Gump merupakan film yg menyentuh tapi sekaligus mengocok perut. Melihat Tom Hanks yg berperan menjadi Forrest Gump, seorang idiot yg selalu berpikir optimis dan pantang menyerah adalah sebuah motivasi sendiri untuk kita yg diberi kesehatan yg berlebih.
Film ini berkisah tentang kehidupan Forrest yg benar-benar unik untuk diikuti. Secara kehidupan anak ber-iq rendah ini selalu mengikuti event penting selama abad ke-20 seperti, mengajari Elvis berdansa, ikut dalam perang Vietnam, hang out bersama Hippie, bertanding ping pong melawan China, dan masih banyak lagi. Namun, dalam perjalanannya Forrest juga tidak pernah lupa dengan cinta pertamanya, Jenny, yg super duper labil, bahkan selalu melindunginya. Dan dia juga tidak akan pernah lupa dengan "What her Mama always said"

 5. Jurassic Park (1993)
Tahun 1993, merupakan tahunnya Stephen Spielberg. Schindler List boleh saja menggondol banyak penghargaan, namun Jurassic Park lah yg bisa membom box office dunia. Bahkan sebelum film-film dinosaurus, dan efek-efek luar biasa, Spielberg sudah bisa memberikan efek secanggih itu pada masanya, bahkan saat kecil saya pun ga percaya kalau itu film tahun 1993. Film ini juga merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya Michael Crichton.
Bagi yg tidak tahu, Jurassic Park bercerita tentang sekelompok orang yg terjebak dalam pulau Isla Nublar, sebuah pulau safari dimana isinya bukan hewan unyu-unyu, tapi dinosaurus, yg dikembangkan secara genetika. Kebayang kan ngerinya?

4. Harry Potter Series (2001-2011)
Pasti sulit bagi anak-anak dan remaja untuk tidak jatuh cinta juga dengan novel karya J.K. Rowling ini. Novelnya bahkan tercatat sebagai novel dengan fandom terbesar. Dan tentunya setelah film pertamanya dirilis, fandomnya pun semakin meledak dimana-mana.
Seri Harry Potter bercerita tentang petualangan Harry Potter and Friends di dunia sihir Hogwarts, mulai dari pencarian batu bertuah, kamar rahasia, kabur dari tawanan Azkaban, mengikuti Hunger Games dunia sihir, mencari bola ramalan tidak penting, menguak misteri pangeran darah campuran, dan pencarian 7 horcrux. Dan petualangan ini tidaklah lengkap tanpa si you-know-who, Lord Voldemort.
Seri Film Harry Potter merupakan salah satu contoh seri novel yg diadaptasi dengan baik di layar lebar, berbeda dengan kebanyakan novel fantasi yg gagal dalam adaptasi. Tapi jelas, film ini dapat menyihir seluruh muggle di dunia untuk jatuh cinta kepadanya.

3. The Lord of The Ring Series (2001-2003)

 Ini dia, film yg umat manusia anggap mustahil untuk dibuat. Tapi jelas Peter Jackson menyangkal hal tersebut, dan mengubah novel fantasi karya JRR Tolkien menjadi sebuah film masterpiece yg meraup untung banyak, dan memborong banyak perhargaan bergengsi.
The Lord of The Rings mengambil cerita petualangan para penghuni Middle Earth dalam mengalahkan The One Enemy, Sauron, dan menghancurkan cincin saktinya. Frodo sang pemegang cincin mau tidak mau harus melakukan perjalanan bersama Peri, Kurcaci, Penyihir, Manusia, dan Hobbit lainnya ke Mordor, dan one doesn't simply way to Mordor adalah mengalahkan nafsu untuk menguasai cincin sakti itu sendiri.

2. The Godfather (1972)

Film besutan Francis Ford Coppola tahun 1972 ini memang bisa dibilang rajanya dari raja film mafia dan gangster. Diangkat dari novel laris dengan judul yg sama, The Godfather, karya Mario Pauzo. Dan menghasilkan trilogi film mafia yg bukan hanya dark dan penuh kekerasan, tapi juga dramatis.
Sesuai judulnya, The Godfather bercerita tentang kehidupan keluarga mafia di Italia era 40-50an. Sang Godfather yg sudah tua, Vito Corleone yg amat disegani harus mampu melindungi gangnya beserta keluarganya dikarenakan perselisihan bisnis narkotika. Konflik bertambah dikarenakan mafia pesaing membunuh anak sang Godfather, Sonny dikarenakan balas dendam. Konspirasi semakin bertambah rumit dikarenakan kepala polisi yg ikut campur. Pusing dah...
Film ini juga dramatis karena hubungan antara anggota keluarga Corleone dengan relatif mafia lainnya berhasil menonjolkan sisi manusiawi film ini

Honorable Mentions
Berikut adalah beberapa film adaptasi novel, yg tidak berhasil masuk list Geek Please, but still awesome.

Fight Club (1999)


Psycho (1960)
 

Misery (1990)


The Wizard of Oz (1939)



1. The Shawshank Redemption (1994)

The Best from All Adaptation dan salah satu film favorit saya! Shawshank Redemption bercerita tentang Andy Dufresne, seorang bankir yg hidupnya berubah drastis setelah dijatuhi hukuman penjara, karena telah membunuh istrinya yg berselingkuh. Andy pun dimasukkan ke Penjara Shawshank dimana kekerasan antar napi adalah hal normal. Andy pun tak luput jadi sasaran kekerasan, bahkan sampe mau di ehem.. s*domi, tapi tentu saja Andy terus melawan. Lalu semua berubah ketika dia berkenalan dengan Red, seorang penyelundup yg selalu memberi kata2 moral dan harapan padanya.
Film ini memang patut diacungi jempol karena bisa memberi banyak pesan moral di tengah latar yg keras. Frank Darabont bisa dibilang berhasil men-translate novel Stephen King ini, menjadi sebuah film yg WOW. Film ini bahkan mendapat rating IMDB terbanyak untuk menjadi Best Movie Ever!


Nah itu dia List 10 Film Adaptasi Based on Novel versi Geek Please. Pasti Geek People punya daftar film kesayangan sendiri kan? Mohon share ya! Dengan koment di bawah ini!







 



Comments