Asal Usul : Batman



I am Batman!
“A hero can be anyone, even a man doing something as simple and reassuring as putting a coat on a young boy’s shoulders to let him know the world hadn’t ended.”
~Batman~
GENERAL INFORMATION
Penampilan Pertama Batman
       Batman a.k.a The Dark Knight, adalah karakter terbitan DC Comics yg dibuat oleh Bob Kane, dan penulisnya Bill Finger. Batman pertama kali muncul pada komik "Detective Comics #27" pada Mei 1939.
       Batman dikenal sebagai pahlawan misterius, gelap, dan amat terkenal di seantero Gotham City. Lumayan mirip dengan alter ego-nya yaitu Bruce Wayne. Jika Batman adalah pahlawan kriminal Gotham City, maka Bruce Wayne adalah pahlawan devisa Gotham City. Selain terkenal akan kekayaannya, ketampanan, dan kharismatiknya, Bruce Wayne juga pemilik Wayne Enterprises. Jadi tahu kan gimana Batman bisa beli alat super canggih layaknya Bat-arang, dan Batmobile (Batcave dan Wayne Manor juga termasuk).
       Dalam petualangannya, Batman juga dibantu oleh karakter pembantu seperti partner setianya Robin, dan pelayan setianya Alfred Pennyworth. Dan musuh bebuyutan seperti Joker, Two Face, Scarecrow, dan Catwoman.
Batman & The Company
       Lambat laun, Batman menjadi sebuah pop culture sejak kemunculannya. Batman mulai diadaptasi ke berbagai media, seperti radio, serial tv, film, dan tentu saja berbagai merchandise kelelawar hitam. Dimulai pada tahun 1960-an dimana serial tv Batman sedang gembor-gembornya, hingga serial Batman : The Dark Knight Returns pada tahun 1986. Berlanjut dengan kesuksesan Tim Burton dalam mengangkat kisah Batman pada layar bioskop pada 1989. Lalu kehorroran dan keburukan Batman & Robin versi Joel Schumacher. Dan yg tak terlupakan The Dark Knight Series oleh Christoper Nolan. Dan untuk video game, tentu saja Arkam series adalah yg terbaik.

HISTORY
Batman Origins
     Dalam komik pertama Batman Detective Comics #27, dia sudah muncul menjadi seorang pemberantas kriminal. Dan di komik Detective Comics #33 dan #47 lah, asal mula Batman ditunjukkan.

       Bruce Wayne adalah putra tunggal dari Dr. Thomas Wayne, dan Martha, dua orang paling kaya se-Gotham City. Bruce amat bahagia akn kehidupannya hingga usianya menginjak 8 tahun, saat kedua orang tua Bruce meninggal dibunuh seorang kriminal bernama Joe Chill, setelah pulang dari bioskop. Setelah itu Bruce bersumpah akan memberantas kejahatan dari Gotham City.
       Latihan fisik dan mental pun dilakukan Bruce selama bertahun-tahun. Namun, dia menyadari bahwa skillnya saja tidak cukup untuk menjadikannya pemberantas kriminal.
       "Kriminal adalah sekumpulan orang yg percaya takhayul dan pengecut. Jadi penyamaranku haruslah menyebarkan teror terdalam di hati mereka. Aku harus menjadi makhluk malam yg hitam, gelap, dan menakutkan", kata Bruce.
       Sebagai jawabannya, seekor kelelawar terbang melalui jendela dan voila.... terciptalah sosok Batman.

KNICK KNACKS
>>Batarang
     Batarang adalah senjata lempar andalan Batman. Seperti identitasnya, senjata ini juga berbentuk kelelawar. Meskipun namanya mirip dengan boomerang, batarang lebih mirip dengan shuriken. Batarang selalu muncul dalam setiap adaptasi Batman, film, maupun tv.
     Dan ada alasan mengapa Batman lebih memilih Batarang, daripada senjata tembak sebagai range weapon. Itu karena Batman masih mengalami trauma masa kecil, dimana orang tuanya tewas dikarenakan senjata tembak.

>>Batmobile
Firstbatmobile 01
Versi Pertama Batmobile
     Dari setiap adaptasi Batman, Batmobile merupakan pernak pernik Batman yang paling drastis perubahannya. Dari kemunculan pertamanya pada Detective Comics #27 berupa sedan merah berbuntut kelelawar, hingga evolusinya pada The Dark Knight yang lebih mirip kendaraan perang Afghanistan. Tapi bagaimanapun, Batmobile tetaplah kendaraan super keren yg menjadi ciri khas Batman. Berikut beberapa contoh versi Batmobile dari beberapa generasi:





>>Batsuits
     Jubah hitam, sarung tangan hitam, boots hitam, dan benda serba hitam lainnya, itulah Batsuit (jangan baca bathsuit). Meskipun dengan rancangan berganti-ganti pada setiap generasinya, insignia kelelawar di bagian dada tetap menunjukkan sosok Batman.
     Selain berfungsi sebagai body armor, warna hitam pada batsuit juga membuat batman menyamar dalam kegelapan Gotham City. Berikut adalah beberapa versi Batsuit dari masa ke masa:

>>Utility Belt
     Utility Belt adalah inventory paling berharga milik Batman. Berfungsi sebagai kantong ajaib ala Batman, Utility Belt bukan sekedar pengencang pinggang. Utility belt juga berisi puluhan senjata berharga Batman, mulai Batarang sampai laser, dan kryptonite. Berikut beberapa rinciannya :
Grapple Gun
Smoke Pellet

Cryptographic Sequencer
EMP Gun
Bolas













>>Extra
Batcave
Wayne Manor
Bat Signal

Gotham City


DID YOU KNOW?
>>Gotham City itu benar-benar ada, dan kota itu terletak pada Nottingham, Inggris.
>>Matt Hamill (a.k.a. Luke Skywalker) pernah lama menjadi pengisi suara Joker. Sangat aneh mengingat Luke selalu bersumpah memberantas kejahatan segalaksi.

 >>Batman+Wolverine = Dark Claw??? Yup, pahlawan tidak terkenal ini amat dibenci karena dianggap telah mengambil sisi cerita Batman dengan power ala Wolverine.

>>Arkham Asylum diambil berdasar rumah sakit nyata. Rumah Sakit ini bernama Danvers State Hospital di Danver, Massachusetts

>>Dalam komik, Superman pernah memberikan Batman sebuah cincin kryptonite, untuk berjaga-jaga jika Superman kehilangan kendali

>>Ternyata, The Beatles juga pernah masuk ke dalam komik Batman. Bandnya bernama The Oliver Twist, dan juga mereka memakai kostum The Beatles versi Sgt. Pepper's Lonely Heart Club Band

    
      
 

       
       

Comments