Tips Bermain Game Bersama Keluarga


Berkumpul bersama keluarga adalah kegiatan yang super menyenangkan. Dan siapa sangka, game juga dapat menjadi alat pemersatu keluarga. Karena jujur saja, ketika seluruh anggota keluarga berkumpul dalam satu ruangan dan bermain game, batasan umur pun seakan hilang untuk sekejap.
Kita juga dapat belajar kerjasama, sportifitas, dan kesempatan duduk bersama dan berkomunikasi satu sama lain.
Beberapa psikolog juga menyarankan dalam satu keluarga setidaknya diadakan satu malam game dalam seminggu, meskipun game tidak dapat dibilang sehat layaknya bermain Monopoli atau UNO. Dengan kebiasaan bermain game yang baik, video dapat menjadi media yang menyenangkan dan menyehatkan seluruh keluarga.
Dan berikut beberapa tips untuk para keluarga gamers.
 
1. Atur Waktu
Main bareng keluarga memang asyik, tapi jangan lupa waktu juga. Perlu diperhatikan juga, berapa lama waktu dihabiskan untuk duduk di depan TV. Mudah kok cara mengaturnya, tergantung dari bagaimana jadwal seluruh keluarga, dan kapan waktu luang tersedia. Dengan cara ini, keluarga bisa memiliki banyak waktu untuk bermain game, tanpa masuk ke jurang kelelahan.

2. Coba Game Multiplayer
Game multiplayer adalah game terbaik untuk dimainkan bersama orang banyak. Entah itu versus atau co-op. Dengan console di tangan, segala macam kesenagan dapat terjadi. Anything could happen! Game multiplayer juga banyak ditawarkan, dan salah satu contoh paling populer adalah game Super Smash Bros. untuk Wii.

3. Stay Calm and Play It!

Ada saat-saat dimana kita benar-benar kesal dengan video games. Itu sering terjadi ketika hal-hal yang tidak diinginkan seperti loading lama atau error terjadi ketika bermain game. Tapi ketika kita bermain dengan keluarga, kata-kata kotor, menghina, hingga melempar joystick adalah hal yang tak boleh dilakukan. Hal itu sering terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak.
Jika anda merasa kesal, coba kalian pause sejenak game, pergi ke belakang dan tarik nafas dalam-dalam. Istirahat sebentar juga tak apa toh? Hal ini akan membuat kita lebih tenang, dan mendapatkan kesenangan yang lebih dalam bermain game.

4. Jangan Bermain Terlalu Larut Malam
 Dokter sangat memperingatkan, bahwa bermain game termasuk kegiatan memberatkan otak saat jam tidur. Pikiran kita setidaknya harus tenang dan damai sebelum tidur. Matikanlah game setidaknya satu jam sebelum jam tidur agar tidur dapat nyenyak dan maksimal.

5. Mainkan Game Interaktif

Bermain game memang seru, tapi jangan lupakan fakta bahwa obesitas siap mengancam gamer seluruh dunia. Hal itu tidak lain karena game telah mengubah berjuta orang di bumi menjadi couch potato. Para orang tua juga sering sekali mengusir anaknya dari rumah untuk sekedar berolahraga. So why not do both? Bermain game sambil olahraga.
Maka bermain game interaktif adalah jawabannya. Wii, Playstation Move, dan Microsoft Kinect juga sudah mempersiapkan game yg memeras keringat. Bermain Just Dance, atau Dance Dance Revolution juga akan menambah kemeriahan bermain game bersama keluarga.

6. Seimbang Antara Game dengan Kegiatan Fisik
Bermain video game dengan keluarga memang fantastis, tapi jangan lupa dengan kegiatan lain di luar rumah. Bersepeda, hiking, petak umpet, sepak bola, badminton, berenang, dan banyak kegiatan outdoor lain juga wajib dilakukan. Pergi ke luar pintu dan bermain dengan alam bahkan lebih menyenangkan daripada di dalam rumah. Lakukan setidaknya seimbang dengan jam bermain game di rumah, sehingga keseimbangan dalam tubuh tetap terjaga.

Comments