Tips Bermain Minecraft bagi Pemula

Minecraft merupakan game sandbox dengan open world super luas dan seru, dan bagi crafter pemula hal ini mungkin merupakan kesulitan tersendiri. Dan berikut adalah sedikit tips untuk memulai harimu di minecraft. Tips berikut merupakan sedikit cara dari ratusan cara untuk memulai harimu di minecraft, jadi jangan takut untuk berimprovisasi, dan enjoy the world of minecraft!

1. Segera Tebang Pohon
Welcome to Minecraft World! Dunia tempat kalian spawn mungkin sangat indah, tapi tolong, jangan kalian menikmati keindahan itu terlalu lama, the night is coming. Segeralah potong kayu dengan tangan kosong (tinju sih tepatnya). Kayu sangat berguna untuk membuat tempat berlindung, dan alat-alat sederhana dari kayu lainnya. Dan hal pertama yang harus dibuat adalah crafting table. Crafting table amat berguna untuk meng-craft semua material yang ada di minecraft. Tinggal tekan "I", dan susun 4 kayu mementuk kotak.

 Dan pastikan jangan terlalu banyak mengeksploitasi alam, karena hutan gundul amat tidak nyaman untuk dipandang.

2. Home!

Tempat berlindung adalah segalanya dalam minecraft. Dimana lagi tempat kalian untuk bersembunyi dari zombies, skeletons, dan creeper pada malam hari. Usahakan untuk membangun rumah di dekat tempat kalian pertama kali spawn agar tidak kebingungan mencari rumah jika kalian tewas.
Pada hari pertama, carilah tempat berlindung yang sudah terstruktur, gua misalnya. Dengan tinggal di gua, kalian bisa mendapatkan sumber daya alam lewat gua itu sendiri.
Dan dalam membangun rumah, usahakan juga membuat pagar pembatas di luar rumah, atau lubang, karena amat tidak menyenangkan jika rumah yang sudah susah-susah kalian buat hancur karena ledakan satu creeper sialan. 

3. Jangan Pernah Keluar Saat Malam

Dunia minecraft mungkin tempat yang menyenangkan saat mentari bersinar. Tapi saat malam, it's a trap! Malam adalah waktu dimana semua monster mematikan keluar dari sarangnya. Hanya butuh beberapa panah dari skeleton, beberapa gigitan zombie, dan satu ledakan creeper, untuk membuat inventory yang kalian kumpulkan seharian berhamburan dalam sekejap.
Jika kalian termasuk orang nekat, setidaknya simpan isi inventory kalian dalam chest sebelum menantang maut. Siapkan pedang, armor, dan makanan. Toh para monster juga bisa menghasilkan item-item berguna.
Tapi jujur, tidur adalah pilihan terbaik, silahkan saja buat tempat tidur dari 3 kayu, dan 3 wol.

4. Ember Air Amatlah Penting

Mungkin amat aneh bagaimana seember air bisa menyelamatkan nyawa kalian, tapi dalam minecraft, ember air amat penting ketika menambang. Ember besi dapat dibuat dengan menyusun 3 besi membentuk huruf V kecil. Jangan lupa untuk mengisi ember tersebut dengan air.
Menyiramkan air dapat memadamkan api besar, bahkan lava. Air juga dapat membuat air terjun, dimana akan sangat membantu untuk turun dari tempat yang amat tinggi sekalipun. Bahkan beberapa monster juga bisa kalah dengan air.

5. Jangan Pernah Menggali Lurus ke Atas atau Bawah

Jarak terdekat antar dua titik adalah satu garis lurus. Tapi dalam minecraft, menggali dalam satu garis lurus merupakan hal yang tak boleh dilakukan.
Bisa saja kalian menggali langit-langit suatu gua, lalu jatuh dan tewas. Atau jatuh ke lava, bahkan lebih parah. Begitu juga dengan menggali ke atas, tewas karena tenggelam dalam lava atau air juga hal yang mungkin. Menggali dengan arah tangga merupakan hal terbaik untuk dilakukan.

6. Play Multiplayer!

Bermain minecraft secara multiplayer merupakan keseruan tersendiri. Bersama teman kalian bisa bermain team, atau versus. Kalian bisa mengumpulkan resource sebanyak-banyaknya, kumpulkan menjadi satu. Dengan teamwork membangun apa saja merupakan hal yang mungkin.
Versus juga merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan, kalian bisa adu kekuatan dalam survive. Menghancurkan rumah teman juga merupakan hal yang menyenangkan untuk menghancurkan persahabatan kalian.
So, Happy Minecraft, and May The Odds be Ever in Your Favor!

Berikut juga saya tambahkan beberapa craft item penting yang sangat kalian perlukan dalam pertama kali bermain minecraft




















Comments