10 Fakta Unik Film "Fast and Furious" Series



1. Timeline Fast and Furious
Mungkin para fans setia Fast and Furious Series sudah mengetahui fakta yang satu ini. Fakta dimana urutan film The Fast and The Furious tidak sama dengan urutan ceritanya. Jika diurutkan dari ceritanya, maka seri Fast and Furious akan menjadi berikut : The Fast and The Furious (1) >> Fast and Furious (4) >> 2 Fast 2 Furious >> Fast Five >> Fast and Furious 6 >> The Fast and The Furious : Tokyo Drift (3) >> Furious 7
Cukup confusing untuk sesuatu yang fast bukan?



2. Cerita Fast and Furious Terinspirasi dari Artikel Majalah

 Pada Mei 1998, majalah Vibe menampilkan sebuah artikel balapan jalanan liar di Queens, New York. Artikel tersebut ditulis oleh Ken Li dan berjudul "RacerX". Dan dari artikel itulah inspirasi cerita The Fast and The Furious.

3. Judul Film Dibeli dari Film 1950-an

Apa kalian tahu? Pada tahun 1955, ada sebuah film berjudul The Fast and The Furious. Dan pada 2001, Universal membeli hak cipta judul film "The Fast and The Furious", tanpa membeli hak cipta ceritanya. Cerita 2 Film tersebut tentunya berbeda, walaupun sama-sama fokus pada dunia mobil, versi 1955-nya bercerita tentang usaha kabur dari Mexico setelah membobol penjara.

4. Dianggap Memiliki Cerita Copycat

Banyak orang menganggap film ini memiliki cerita hampir sama dengan film lainnya. The Fast and The Furious dianggap memiliki kesamaan cerita dengan film musikal "West Side Story", hanya saja hal nyanyian diganti dengan mobil. Situasi dalam film juga dianggap mirip dengan film action classic "Point Break", dan film drama kriminal "Donnie Brasco".

5. Pembalap Jalanan Asli Digunakan sebagai Pengganti

Layaknya stuntman dalam film action, Fast and Furious tentunya juga membutuhkan jasa agar para aktor dan aktrisnya aman tanpa tergores. Untuk itulah, para pembalap jalanan liar pun diikut sertakan dalam pembuatan film ini. Tentunya mereka sangat ahli dalam melakukan aksi balapan ilegal, tanpa melakukan hal yang ilegal.

6. Penggunaan Mic Rig

Apa itu Mic Rig? Mic Rig adalah sebuah truk mini super cepat yang bagian belakangnya dimodifikasi agar bisa diletakkan body mobil yang digunakan dalam film. Penggunaan mic rig ini tentunya digunakan untuk keselamatan para aktor dan aktrisnya sendiri, kebayang kan susahnya nyetir sambil akting?

7. Open Casting untuk Mobil Juga Dibuka

Bukan hanya orang yang ikut dalam casting sebuah film, tapi mobil juga bisa. Pada film ke-4, sutradara Justin Lin, membuka casting untuk mencari mobil yang pantas tampil dalam film. Mobil akan dipilih, dan pemilik mobil pun juga bisa tampil dalam background Fast and Furious

8. Cameo The Real D.K.
Meskipun dalam film D.K. (a.k.a. Drift King) diperankan oleh Brian Tee dalam film. Sang raja drift Jepang asli, Keiichi Tsuchiya, juga tampil sebagai cameo dalam film. Dia berperan sebagai nelayan dalam jaket biru yang mengejek Sean saat ia belajar drift di dekat pasar ikan. Tsuchiya sendiri turut membantu banyak adegan drift dalam Tokyo Drift.

9. Landasan Pesawat Fast & Furious 6 Benar-Benar Tidak Masuk Akal
Kebanyakan landasan pesawat hanya memiliki panjang beberapa mil, tapi landasan dalam FF6 benar-benar abnormal. Dalam adegan klimaks FF6, para crew mengejar pesawat yang akan lepas landas, dan adegan tersebut berlangsung dalam 13 menit. Jika pesawat yang akan lepas landas berkecepatan 115 mph, maka panjang dari landasan tersebut adalah 28,829 mil.


10. Fast and Furious dan Herbie : Fully Loaded Berada dalam Satu Dunia
Bagaimana bisa film tentang balapan liar berada satu dunia dengan mobil hidup ajaib? Jika kalian ingat, gambar diatas adalah gambar Dodge Charger 1970 yang dikendarai Dom Toretto pada film pertama. Bisa dilihat, mobil tersebut dalam keadaan mengenaskan. Namun sebaliknya, Fast and Furious tidak pernah menunjukkan easter eggs dari Herbie. Mungkin aja ya, mereka malu soalnya kalah cepat sama si Herbie.

Comments